HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 23.22.240.119
Pengunjung : 297.569






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017             |             Selamat kepada Reynard Adrian Simajuntak dan Cristoper marcellino Siswa Stella Duce Yogyakarta yang membawa medali di ajang Expo Science Mexico 2017 pada 04 11 Desember 2017             |             SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Artikel :



literasi sebagai pembiasaan


Selasa; 08 August 2017 [Admin, SMP TARAKANITA MAGELANG] - Artikel Umum

Mengutip pernyataan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Mahsun:“Kegiatan literasi ini tidak hanya membaca, tetapi juga dilengkapi dengan kegiatan menulis yang harus dilandasi dengan keterampilan atau kiat untuk mengubah, meringkas, memodifikasi, menceritakan kembali, dan seterusnya,”
Merunut pernyataan tersebut, maka literasi tidak semata-mata hanya menuntut agar anak memiliki kebiasaan membaca, tetapi lebih dari itu bahwa anak dengan kebiasaan membacanya mampu memiliki budi pekerti yang baik. Dengan kebiasaan membaca, anak akan lebih terasah dari sisi ketrampilan berpikir dan memodifikasi berbagai permasalahan dalam hidup yang nanti akan dihadapi.
menginngat pentingnya literasi maka dapat kita kaji tujuh prinsip literasi itu sendiri;
1. Literasi adalah kemampuan hidup (life skill).
2. Literasi mencakup kemampuan reseptif dan produktif dalam upaya berwacana.
3. Literasi adalah kemampuan memecahkan masalah.
4. Literasi adalah refleksi penguasaan dan apresiasi budaya.
5. Literasi adalah kegiatan refleksi (diri).
6. Literasi adalah kolaborasi.
7. Literasi adalah kegiatan melakukan interpretasi
Dari segi kebahasaan cakupan ketujuh prinsip tersebut menjadi penting dalam menggali sebuah wacana, tetepi lebih dari itu, nilai-nilai yang terkandung dalam kebiasaan literasi mencakup lebih luas dari sekedar mengupas wacana, namun lebih mendarat lagi pada prinsip-prinsip hidup yang akan dikembangkan. Dimana prinsip-prinsip tersebut akan mendorong alam bawah sadar untuk mencapai tujuan hidup yang dicita-citakan.
Kita ambil contoh prinsip life skill, benarkah prinsip life skill hanya akan mermakna dalam mengupas sebuas wacana, tidakkan lebih dari itu, dimana dalam kehidupan seseorang diperlukan sebuah kemampuan untuk menyiasati sebuah permasalahan yang akan datang silih berganti dalam kehidupan. Dan untuk membebaskan diri dari permasalahan-permasalahan hidup tersebut diperlukan ketrampilan dan kemampuan untuk bertahan. dan itu hanya dapat diperoleh dari life skill, ketrampilan hidup.
Semoga dengan diterapkannya literasi di sekolah, harapannya dapat menambah tidak hanya jam, dalam kurikulum sekolah. Tetapi lebih dari itu nilai-nilai hidup yang diperjuangkan akan semakin mudah untuk diraih. Secara khusus di Yayasan Tarakanita, nilai-nilai yang diperjuangkan dan dituangkan dalam pembelajaran PKT akan menjadi mach dengan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Satu hati satu semangat tarakanita...yes.

oleh: Eko Agus Supriyanta S.Pd





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :